Inspeksi Kebutuhan Bahan Pokok Pada Pasar Raya Mekongga Kolaka .

Inspeksi Kebutuhan Bahan Pokok Pada Pasar Raya Mekongga Kolaka .

Kolaka – Inspeksi terkait pemantauan harga dan distribusi kebutuhan bahan pokok pada pasar Raya Mekongga Kolaka dipimpin oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Kolaka Drs. Abdi Arif, M.Ap, Ketua Komisi II DPRD Kolaka Ir. H. Akhdan M.Si dan instansi terkait. Selasa, (26/09)

Inspeksi ini sesuai dengan hasil Rapat Tim Pengendalian Inflasi Nasional melalui zoom meeting yang dipimpin Menteri dalam Negeri RI, dalam rangka upaya mengantisipasi gejolak kenaikan harga sembako khususnya beras dan komoditas lainnya .

Terkait harga beras di Pasar Raya Mekongga Kolaka terpantau naik diangka Rp. 11.000 hingga Rp. 14.000/ liter .

Meski begitu, stok bahan pokok lainnya masih tersedia dan masih aman .

Kadis Perindag menyampaikan, bahwa ada beberapa faktor dari penyebab harga kebutuhan pokok ini mengalami kenaikan atau penurunan yaitu faktor dari cuaca, distribusi terkait perjalanan, dan dipengaruhi oleh ekonomi dunia/global .

“Meskipun harga beras naik tapi tidak mempengaruhi inflasi atau daya beli masyarakat . Beras yang awalnya hanya Rp. 10.000 per liter saat ini di pasar mencapai Rp. 11.000 hingga 14.000 per liter . Kemudian harga telur ayam ras masih normal .” jelasnya

Sumber : Diskominfo Kabupaten Kolaka