PEMETAAN KOMPETENSI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN KOLAKA

PEMETAAN KOMPETENSI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN KOLAKA .

Kolaka – Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Kolaka kembali menggelar Pemetaan Kompetensi terhadap 660 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kolaka . Senin, (11/09)

Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Pj. Sekda Kolaka Drs. H. Muhammad Bakri, SH.,MH dan dihadiri Kepala BKPSDM Hj. Andi Wahidah serta para peserta .

Sesuai dengan amanat UU 5 Tahun 2014, di mana pengelolaan kepegawaian dijalankan dengan prinsip sistem merit . ada tiga karakteristik dasar yang ada dalam sistem merit, yaitu kualifikasi, kinerja dan kompetensi, sehingga diperlukan penyusunan profil kompetensi untuk seluruh ASN .

Berdasarkan laporan Kepala Dinas BKPSDM Kabupaten Kolaka, Andi Wahidah menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan untuk memperoleh data profil potensi dan kompetensi PNS serta data dasar pengelolaan dan pengembangan karir sumber daya aparatur yang profesional .

Selain itu, Pj. Sekda Kolaka menyampaikan mengingat tugas ASN sangat strategis maka penempatan dan pengangkatan ASN seyogyanya sesuai dengan prinsip The Right Man On The Right Place, yaitu orang yang tepat pada tempatya dan menduduki jabatan sesuai kemampuannya melalui sebuah mekanisme penilaian kompetensi yang objektif .

“Hal ini tentu bertujuan untuk menjaring pegawai yang memiliki integritas, kompetensi, dan mampu mengelola segala perbedaan budaya, latar belakang suku dan agama, serta kepentingan seluruh elemen bangsa .” ujarnya

Untuk dapat menghasilkan para pejabat yang diinginkan tersebut maka diperlukan sebuah instrument yang dapat mengukur dan mengetahui kompetensi dari masing-masing ASN sehingga didapatkan para pejabat yang berkompeten .

Sumber : Diskominfo Kabupaten Kolaka