PEMBUKAAN GEBYAR IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KOLAKA TAHUN 2024

Kolaka – Pj. Bupati Kolaka DR. H. Andi Makkawaru, S.T.,M.S membuka kegiatan gebyar implementasi kurikulum merdeka, yang dilaksanakan di lapangan alun-alun 19 November Kolaka . Rabu, (15/05)

Pj. Bupati Kolaka dalam sambutannya mengatakan, bahwa kita semua yang hadir saat ini tentu mempunyai tanggung jawab terhadap kemajuan pendidikan .

“Mari kita saling berbagi dan bergotong royong dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka secara masif karena prinsip dari kurikulum yang adaptif dapat digunakan dalam berbagai kondisi satuan pendidikan dan fleksibel, sehingga guru dapat leluasa untuk menciptakan pembelajaran serta berfokus pada kebutuhan murid dan inilah yang menjadi kelebihan dan pembeda kurikulum merdeka dari kurikulum kurikulum sebelumnya .” jelasnya

Selain itu, salah satu dari tujuan kurikulum merdeka yang kehadirannya untuk menuntaskan persoalan krisis pembelajaran (learning crisis) yang sudah berlangsung lama ditambah kehilangan pembelajaran (learning loss) akibat pandemi Covid-19, dengan berfokus pada materi pembelajaran yang lebih esensial, menyenangkan, relevan dan mengutamakan perkembangan kompetensi peserta didik .

“Selaku pemerintah daerah, saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan gebyar implementasi kurikulum merdeka ini, karena melalui kegiatan ini guru telah berbagi cerita praktik pembelajaran inovatif disekolahnya masing masing kepada rekan guru lainnya melalui lomba pembuatan video inovasi pembelajaran disertai dengan pameran hasil karya nyata guru .” ujarnya