Pj. Bupati Kolaka Ikuti Rakor Inflasi dirangkaikan acara Percepatan Penanggulangan TBC

Kolaka – Pj. Bupati Kolaka DR. H. Andi Makkawaru, S.T.,M.S Mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di tiap daerah setiap minggunya secara virtual, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Mendagri RI), dan dirangkaikan dengan Percepatan Penanggulangan TBC, diruang Pola Lantai 3 Kantor Gubernur Prov. Sultra . Senin, (10/06)

Rakor ini dilaksanakan serempak diseluruh Indonesia dipimpin langsung oleh Mendagri RI Tito Karnavian, dengan narasumber dari Kementerian atau Lembaga terkait diantaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Plt. Kepala Badan Pusat Statistik Amalia Adininggar Widyasanti, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan. Dr. Andriko Noto Susanto .

Pada Jajaran Pemerintah Provinsi Sultra hadir mengikuti kegiatan ini, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Kepala BPS, Asisten 1 Setda, Kejaksaan, Danrem 143/HO, Para Kepala OPD, Kepala Perum Bulog dan Penjabat terkait .

Dalam arahannya, Mendagri menyampaikan bahwa tingkat inflasi di Indonesia sudah cukup baik, yaitu berada di angka 2,84 persen. Angka tersebut membuat Indonesia berada di peringkat 73 dari 186 negara di dunia. Pada posisi year on year atau tahun ke tahun berada di angka 2,84 persen. Semantara, bulan ke bulan pada Mei 2024 terjadi Deflasi -0,03 persen .

“Biasanya inflasi di dominasi oleh makanan, minuman, dan tembakau . Tapi saat ini, terjadi deflasi sebesar 0,29 persen, ini indikator bagus, artinya masyarakat ada uang .” ungkapnya

Selain itu, Komoditas beras masih relatif terkendali karena panen di bulan April-Juni, namun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Adha.

Adapun, rangkaian Rapat Koordinasi Inflasi yakni Percepatan Penanggulangan TBC tersebut dibahas juga . Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Muhadjir Effendy, menyampaikan bahwa beban penyakit TBC di Indonesia masih sangat tinggi yakni menempati posisi kedua tertinggi setelah India. Berdasarkan Tuberculosisi (TB) Report 2024, estimasi angka kejadian TBC di Indonesia menjadi 1.060.000 kasus TB baru .

Perpres No.67 Tahun 2021, mengamanatkan dibentuknya tim percepatan penanggulangan Tuberkulosis (TP2TB) di seluruh Provinsi dan Kab/Kota sebagai forum koordinasi dan kolaborasi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Usai mengikuti Rakor Inflasi, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, La Ode Saifuddin, M. Si memimpin rapat teknis terkait hasil rakor inflasi focusnmembahas perkembangan inflasi dan kondisi pergerakan harga di Sulawesi Tenggara, berdasarkan laporan dari BPS inflasi Year on Year (y-on-y) Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar 2,57 persen .

Sulawesi Tenggara masuk di 10 inflasi terendah di seluruh Indonesia dan kab/kota yang menjadi lokus untuk penilaian inflasi khususnya di kota bau-bau dan di Kabupaten Kolaka yang cukup rendah yakni 2,48 persen.

Menurutnya, komoditas yang merangkak naik menjelang Hari Raya Idul Adha adalah minyak goreng, cabe merah, cabe rawit, gula pasir bawang putih dan daging sapi.

Semua tanggapan:

77