Peringati Hari Lahir Pancasila 2024, Asisten III Pimpin Upacara di Halaman Kantor Bupati Kolaka

Kolaka – Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Kolaka menggelar upacara di halaman Kantor Bupati Kolaka . Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Asisten III Hj. Andi Wahidah, S.Pd.,MM . Sabtu, (01/06)

Dalam sambutannya, Asisten III menyampaikan beberapa poin penting, berkenaan tentang tantangan bagi seluruh elemen masyarakat dalam merawat anugerah Pancasila sebagai ideologi bangsa . Seperti yang disampaikan dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (RI), Yudian Wahyudi .

“Perkembangan situasi global yang ditandai pesatnya kemajuan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia . Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa kita tidak mengalami disorientasi di masa depan . Masifnya penggunaan smartphone dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dimanfaatkan secara bijak untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila .” Jelasnya

Di samping itu, ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian . Utamanya dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa .

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan kita hadapi dapat diatasi . Terlebih di tengah krisis global yang terjadi, bangsa Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik . Keberhasilan ini tentu merupakan sumbangsih gotong-royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya .” Tutupnya