Ritual Mapatade dan Monahundau

Ritual Mapatade dan Monahundau .

Kolaka – Warga Kolaka melaksanakan kegiatan adat Mapatade dan Monahundau yang dihadiri oleh Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH.,MH bersama ibu, Forkopimda dan seluruh pimpinan OPD lainnya, yang dilaksanakan di kelurahan Balandete, Bendungan . Minggu, (30/10)

Suku Tolaki memiliki berbagai macam acara ritual adat yang masih terjaga kearifannya hingga saat ini . Salah satunya adalah acara ritual adat Mapatade dan Monahundau yang telah menjadi upacara adat tahunan Suku Tolaki yang ada di Kabupaten Kolaka .

Tradisi Monahundau yang merupakan sebuah tradisi siklus pertanian yang telah di lakukan secara turun temurun . Masyarakat suku Tolaki memiliki prinsip hidup dan keyakinan bahwa ketika Tuhan telah memberinya rezeki, maka mereka wajib mengucapkan rasa syukur dan rasa terima kasih kepada-Nya . Ungkapan rasa syukur dan terima kasih tersebut mereka wujudkan dalam bentuk ritual yang disebut tradisi Monahundau .

Bupati Kolaka berharap agar ke depan Pemkab Kolaka bisa turut andil dalam melestrikan kearifan lokal budaya Monahundau dan Mapatade .

Sumber : Diskominfo Kabupaten Kolaka