RAPAT KOORDINASI AKSI 6 KONVERGENSI STUNTING DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN KOLAKA TAHUN 2023 .

RAPAT KOORDINASI AKSI 6 KONVERGENSI STUNTING DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN KOLAKA TAHUN 2023 .

Kolaka – Pj. Sekda Kolaka Drs. H. Muh. Bakri SH.,MH yang didampingi Kadis BKKBN H. Amri Djamaluddin, S.STP.,M.Si membuka kegiatan Pertemuan Teknis Sistem Manajemen Data Stunting . Pertemuan ini merupakan Aksi 6 dari 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting, yang dilaksanakan diaula BKKBN Kolaka . Kamis, (09/11)

Kadis BKKBN menjelaskan, sistem manajemen data intervensi penurunan Stunting adalah upaya pengelolaan data tingkat kabupaten/kota sampai tingkat desa/kelurahan yang akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan intervensi gizi terintegrasi dan digunakan untuk membantu pengelolaan program dan atau kegiatan percepatan penurunan Stunting .

“Tujuan dari pertemuan kita kali ini adalah untuk membantu penyediaan dan mempermudah akses data untuk pengelolaan program penurunan Stunting .“ ucapnya

Pj. Sekda Kolaka mengungkapkan, jika stuting dapat menjadi prediktor rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia yang berpengaruh terhadap produktifitas dan pertumbuhan ekonomi suatu bangsa ,sehingga pencegahan dan penanggulangan stunting menjadi sangat penting hari ini sebagai langkah awal untuk menghindari dampak besar bagi bangsa ini .

“Permasalahan stunting tidak dapat diselesaikan melalui program gizi saja, namun harus terintegrasi dengan program lainnya.” ungkapnya

Sementara Narasumber dari Bappeda Kolaka, mengatakan sistem manajemen data adalah bagian dari pengelolaan sumber informasi yang mencakup semua kegiatan dari identifikasi kebutuhan data, pengumpulan data hingga pemanfaatan data untuk memastikan informasi yang akurat dan mutakhir .

Delapan aksi tersebut adalah Aksi 1 (Analisis Situasi Program Penurunan Stunting), Aksi 2 (Penyusunan Rencana Kegiatan), Aksi 3 (Rembuk Stunting), Aksi 4 (Peraturan Bupati tentang Percepatan Penurunan Stunting), Aksi 5 (Pembinaan Kader Pembangunan Manusia), Aksi 6 (Sistem Manajemen Data Stunting), Aksi 7 (Pengukuran dan Publikasi Stunting) serta Aksi 8 (Review Kinerja Tahunan) .

Sumber : Diskominfo Kabupaten Kolaka