PEMBUKAAN UTSAWA DHARMA GITA (UDG) KE X TINGKAT KABUPATEN KOLAKA TAHUN 2023

PEMBUKAAN UTSAWA DHARMA GITA (UDG) KE X TINGKAT KABUPATEN KOLAKA TAHUN 2023 .

Kolaka – Plt. Bupati Kolaka yang diwakili oleh Asisten II Ir. H. Abbas, MM membuka secara resmi kegiatan Utsawa Dharma Gita (UDG) Kabupaten Kolaka yang Ke-10, ditandai dengan pemukulan gong dan dirangkaikan dengan Dharma Shanti, Penyerahan Tanda Anugrah Dharma Kusuma dan Pelantikan Pengurus Prajaniti Kabupaten Kolaka . Yang dilaksanakan dipelataran Pura desa Peoho Kecamatan Watubangga . Kamis, (14/12)

Ketua Panitia Pelaksana Drs. I Nyoman Suastika, M.Si menjelaskan, bahwa pelaksanaan Utsawa Dharma Gita (UDG) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk dapat lebih menghormati penghayatan, pemahaman dan pengamalan kandungan Ayat-ayat Suci Weda baik Weda Sruti maupun Weda Smerti, dan pelaksanaan Utsawa Dharma Gita (UDG) juga dalam rangka mempersiapkan para Ugatra dan Ugatri untuk mengikuti Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2024 .

“Utsawa yang berarti berlomba, saya mengajak kepada kita semua, mari kita semua berlomba-lomba untuk mengamalkan ajaran agama yang kita anut dengan baik dan benar. Salah satunya dengan menjalin kerukunan. Sadar akan makna kehidupan yang hakiki, yaitu berbuat kebaikan, menuju perdamaian yang abadi .” Jelasnya

Mengawali sambutannya, Asisten II mengatakan, kegiatan semacam ini tentulah sangat tepat di laksanakan dalam bentuk perlombaan, agar nilai-nilai yang terkandung dalam Kitab Suci Weda senantiasa tetap terjaga, dan dapat dilestarikan . Ajaran Agama ini harus dihayati dan diamalkan dengan baik dan benar oleh para pemeluknya, sehingga tercipta MODERASI beragama ditengah-tengah masyarakat, Harmonis dan Toleransi antar umat beragama di Bumi Mekongga .

“Itulah mengapa pemerintah daerah sangat mendukung dan ikut berkontribusi dalam kegiatan ini dengan memberi porsi anggaran di APBD, seperti halnya ajang MTQ dan semacamnya .” ujarnya

Tampak hadir pada pembukaan UDG X ini, Mantan Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH.,MH, Kepala OPD lingkup Pemkab Kolaka, Forkopimda, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kab. Kolaka beserta seluruh jajaran, Ketua Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Kab. Kolaka, Ketua Prajaniti Kab. Kolaka, Ketua WHDI Kab. Kolaka, Ketua Pradah Kab. Kolaka, Ketua KMHDI Pc. Kolaka, Ketua-ketua adat se- kabupaten Kolaka, serta Camat Watubangga dan Kades .

Sumber : Diskominfo Kabupaten Kolaka