Gerakan Literasi Digital Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kolaka

Kolaka, Sabtu 11 Januari 2020 – Kemajuan teknologi semakin hari semakin meningkat, sejalan dengan pertumbuhannya efek dari penggunaan teknologi juga cukup rentan untuk dilakukan di era industri 4.0 saat ini. Berangkat dari hal ini, Relawan TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Kabupaten Kolaka mengadakan Gerakan Literasi Digital RTIK Goes To School dengan Tema GERCEP ( Gerakan Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif).

SMA Negeri 1 Kolaka menjadi target pertama dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan ini siswa – siswi SMA Negeri 1 Kolaka diajak untuk merefleksi aktifitas mereka dalam berinternet dan bermedia sosial. Kemudian mengajak mereka untuk menyebarkan konten – konten yang positive, saring informasi sebelum sharing, mengamankam data privasi, dan memberi gambaran pengoptimalan internet untuk menghasilkan keuntungan.

“Gerakan literasi digital ini diharapkan sedikit banyaknya bisa mengurangi dampak penyebaran hoax, ujaran kebencian, bullying dan juga pengoptimalan penggunaan internet dengan baik dan benar. Kelompok pelajar menjadi sasaran pertama dalam kegiatan ini, kedepan kami juga akan masuk di desa – desa untuk memberikan edukasi pola didik orangtua terhadap perilaku anak dalam menggunakan internet dan bermedia sosial. Target kami gerakan ini akan terlaksana diseluruh sekolah dan seluruh desa/kelurahan yang ada dikabupaten kolaka.” Ujar Adriyan Dwi Perkasa selaku Ketua Relawan TIK Kolaka.

Relawan TIK Kolaka